LOKASI YANG BAIK UNTUK PRODUKSI PANGAN OLAHAN

Ternyata dalam Memproduksi Pangan Olahan Itu Membutuhkan Lokasi yang Baik Lohh!!

Tujuan dibutuhkannya lokasi yang baik untuk mengurangi jumlah bakteri berbahaya dalam makanan yang dapat menyebabkan penyakit. Misalnya, pengeringan, pengawetan mendehidrasi produk makanan dan mengubah pH yang mencegah pertumbuhan mikroorganisme berbahaya. Pengolahan bahan pangan juga meningkatkan umur simpan produk makanan.

Yuk, kita bahas lokasi yang baik untuk memproduksi pangan olahan.

Pencemaran pada bahan pangan dapat terjadi karena lingkungan yang kotor. Oleh karena itu, lingkungan disekitar sarana produksi / pengolahan harus terawat baik, bersih dan bebas dari tumbuhnya tanaman liar. Mengingat lingkungan yang kotor dapat menjadi penyebab pencemaran pada bahan pangan maka dari sejak awal pendirian pabrik perlu dipertimbangkan sebagai hal yang berkaitan dengan kemungkinan pencemaran tersebut. Untuk menetapkan lokasi pabrik perlu dipertimbangkan keadaan dan kondisi lingkungan yang mungkin dapat merupakan sumber pencernaan potensial dan telah mempertimbangkan berbagai tindakan pencegahan yang mungkin dapat dilakukan untuk melindungi pengan yang diproduksinya.

Lokasi pabrik pengolahan pangan yang baik dan sehat yaitu berada di lokasi bebas dari pencemaran. Pada saat memilih lokasi pabrik pengolahan pangan, beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah :

  1. Pabrik pengolahan pangan harus berada jauh dari lokasi industri yang sudah mengalami polusi, yang mungkin dapat menimbulkan pencemaran terhadap produk pangan yang dihasilkan.
  2. Pabrik pengolahan pangan harus tidak berlokasi di daerah yang mudah tergenang air atau banjir karena sistem saluran pembuangan airnya tidak berjalan lancar. Lingkungan yang demikian menjadi tempat berkembangnya hama penyakit seperti serangga. parasit. binatang mengerat, dan mikroba.
  3. Pabrik pengolahan pangan harus jauh dari daerah yang menjadi tempat pembuangan sampah baik sampah padat maupun sampah cair atau jauh dari daerah penumpukan barang bekas dan kotor lainnya.
  4. Pabrik pengolahan pangan harus juh dari tempat pemukiman penduduk yang terlalu padat dan kumuh.

Jadi, untuk menetapkan letak pabrik/tempat produksi pangan olahan perlu mempertimbangkan lokasi dan keadaan lingkungan yang bebas dari sumber pencemaran.

REFERENSI:

Hellen, H., Miranti, S., & Fitriadi, F. 2015. Hand Out Cara Produksi Pangan yang Baik / Good Manufacturinf Practies (GMP). Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Kementrian Pendidikan. Jakarta.

Nugroho, H., & Muhyiddin, M. 2014. Persyaratan dan Penerapan Cara Penetapan Lokasi yang Baik. Kementrian Pertanian. Jakarta.

PENULIS: Dinar Salma Putri Utami, Dissa Ayu Putri Andini