CLITORIA TERNATEA L (BUNGA TELANG) : BUNGA BIRU BANTU IMUNITAS DI KALA PANDEMI

Adanya wabah covid-19 di Indonesia meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pola hidup bersih dan sehat. Penyebabnya karena virus-19 dapat dilawan dengan pola hidup yang bersih dan sehat, sering mencuci tangan dengan sabun, jaga jarak, dan penggunaan masker. Di samping pola hidup bersih dan sehat kita juga dianjurkan untuk menjaga imunitas tubuh yang kuat. Indonesia dengan tanah yang subur dan makmur, memiliki kekayaan yang melimpah dengan tanaman dan tumbuhan yang banyak khasiat. Selain empon – empon (jahe,kunyit,sereh,temulawak) ada pula tanaman yang memiliki khasiat meningkatkan imunitas tubuh seperti bunga telang.

Bunga telang memiliki bentuk bunga yang cantik berwarna biru keunguan. Bunga ini yang memiliki banyak kandungan  nutrisi sehingga bunga ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh manusia. Tanaman bunga telang memiliki potensi farmakologis yang luas. Potensi farmakologi bunga telang antara lain adalah sebagai antioksidan, antibakteri, antiinflamasi dan analgesik, antiparasit dan antasida, antidiabetes, anti-kanker, antihistamin dan  immunomodulator. Beberapa potensi farmakologi yang akan dibahas adalah potensi antioksidan dan immunomodulator. Clitoria ternatea (bunga telang) telah diamati aktivitas antioksidannya melalui metode DPPH yang mengandung fenol dan flavonoid. Hal ini menunjukan bunga telang memiliki aktivitas antioksidan melawan radikal bebas seperti DPPH, radikal hidroksil, dan hidrogen peroksid. Hasil ini merupakan potensi sebagai sumber antioksidan dari bahan hayati (Laksmi et al.,2014). Kemampuan bunga telang menurut sebagian besar penelitian digunakan sebagai mereduksi senyawa radikal. Studi terhadap aktivitas antioksidasi 15 jenis bunga menunjukan bahwa bunga telang yang memiliki aktivitas antioksidan paling tinggi (Vankar&Srivastava,2010). Bunga telang yang berfungsi sebagai immunomodulator diketahui berikatan erat dengan antioksidan. Bunga telang mengandung senyawa fenolik yang bersifat antioksidan. Flavonoid juga bersifat anti inflamasi yang sangat baik untuk imunitas tubuh. Dari kedua senyawa yang berada dalam bunga telang ini berfungsi sangat bagus sebagai minuman kesehatan di tengah pandemi covid-19 saat ini.

CARA MENGKONSUMSI

Bunga telang yang segar atau dilakukan pegeringkan terlebih dahulu digunakan hanya cukup diseduh kemudian bisa ditambahkan madu,jika ingin menghilangkan aroma bunga nya memakai jeruk nipis atau lemon namun menimbulkan rasa sedikit asam. Olahan bunga telang itu bisa dikonsumsi setiap hari yang bisa kita ambil kegunaannya.

DAFTAR PUSTAKA

Budiasih,Kunsri. (2017). Kajian Potensi Farmakologi Bunga Telang (Clitoria Termatea L). Jurdik Kimia FMIPA UNYA,4(3), 202-206.
Husain,S dan Devi,KS. (1998). Fattyacids Compopsition oft Three Plant Species:Clitoria Ternatea Mandulea Suberosan and Chalapensis. Journal oil Tech Assoce, 1(30), 162-164.
Kazuma,K. Noda,N. Suzuki,M. (2003) Flunoid Composition Related to Petal Color in Different Lines of Clitoria Ternatea. Phytochemistery, 64(6), 1133-1139.
Lakshan,SAT. Jayath,NY. Abeysekena,W. (2019). Commersial Potential Blue Pea (Clitoria Ternatea L)  Flower Extract Incorporated Beverage Having Functional Properties. Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, 1(1), 11-15.
Laksmi,CHN. Raju,BDP. Madhavi,T dan Sushma,NJ. (2014). Identification of Bioactive Compounds By Ftir Analysis and In Vintro Antioxidant Acrivity of Clitotia Ternatea Leaf  and Flower Extracts, 4 (9), 2231-6876.
Manjula,P. Mohan,D. Sreekanth,B. Keerth,B dan Prathibha,D. (2003). Phytochemical Analisys of Clitoria Ternatea Linn, A Valuable Medicinal Plant. Journal Indian, 92(3&4), 173-178.
Marpaung,AM. (2020). Tinjauan Manfaat Bunga Telang (Clitoria Ternatea L) bagi Kesehatan Manusia. Jurnal of Functional Food and Nutraceutical, 1(2), 47-69.
Mukherjee,PK. Kumar,U. Kumar,NS.Heinrich,M (2008). The ayurvedic Medicine Clitoria Ternatea FromTraditional use tp Scientific Assesment. Journal Ethnopharm, 120(3),291-301. Zakaria,N et al. (2018). In Vitro Protective Effects of an aquecus Ectract of Clitoria Ternatea L. Flower Agaiast Hydrogen Peroxide-In duced

TIM PENULIS :

Melani Anggraeni , Resha Rosalia, Vera Dwi Apriani; Fakultas Farmasi, Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang, Jawa Barat.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *